2 Jenis asuransi mobil yang harus anda ketahui

 

Jenis asuransi mobil di indonesia dibagi menjadi dua, yaitu asuransi allrisk dan asuransi TLO (Total Lost Only). apa itu asuransi allrisk dan TLO? dan apa saja kelebihan dan kekurangan-nya? baiklah, sebelumnya saya akan menjelaskan perbedaan dari kedua jenis asuransi mobil tersebut.

Jenis Asuransi Mobil
Jenis Asuransi Mobil

Asuransi Allrisk

Asuransi allrisk (Comprehensive) adalah jenis asuransi mobil yang menjamin kerugian secara keseluruhan, ini berarti jika ada kerusakan atau kehilangan pada mobil anda maka perusahaan asuransi akan mengganti kerugian atau membayar klaim dari semua jenis kerusakan kendaraan, baik itu kerusakan ringan (lecet/ barett) maupun kerusakan berat yang disebabkan oleh kecelakaan, dan kehilangan kendaraan. oleh sebab itu asuransi allrisk lebih mahal dari asuransi TLO.

Asuransi TLO (Total Lost Only)

Asuransi TLO adalah asuransi yang akan membayar klaim atau kerugian anda berdasarkan kerusakan kendaraan secara keseluruhan atau minimum kerusakan diatas 75% akibat kecelakaan, bencana alam, banjir, dan termasuk kehilangan kendaraan karena pencurian, dan pastinya anda tidak akan mendapat ganti rugi jika kerusakan yang terjadi pada mobil anda kurang dari 75%. dan biasanya dari segi pembiayaan (premi asuransi) jenis asuransi TLO lebih murah dari asuransi allrisk.

Kelebihan dan kekurangan asuransi mobil Allrisk dan TLO

Kelebihan asuransi allrisk adalah anda akan mendapatkan klaim/ ganti rugi secara menyeluruh, walaupun kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda hanya kerusakan kecil/ baret, anda bisa mengajukan klaim ataupun ganti rugi.atas kerusakan tersebut, adapun kekuranganya adalah dari segi pembiayaan asuransi, anda harus membayar premi bulanan lebih mahal.

Adapun kelebihan Asuransi TLO adalah, anda bisa menghemat uang anda karena pembiayaan atau premi asuransi TLO lebih murah dibanding asuransi Allrisk. tetapi kekurangan asuransi jenis ini adalah anda tidak dapat meng-klaim kendaraan anda jika kerusakan mobil anda kurang dari 75% seperti yang saya sebutkan diatas tadi, jadi kesimpulan-nya adalah, semua bisa anda sesuaikan sesuai dengan budget dan kebutuhan anda masing-masing, tetapi saran saya lebih memilih asuransi allrisk karena untuk mengurus klaim asuransi lebih mudah dibanding asuransi TLO.
2 Jenis asuransi mobil yang harus anda ketahui 4.5 5 Yulius purnomo heri s Jenis asuransi mobil di indonesia dibagi menjadi dua, yaitu asuransi allrisk dan asuransi TLO (Total Lost Only). apa itu asuransi allrisk...